Saturday, June 11, 2016

AUDIT



1.       Tim Medis
a.       Data Provider / rumah sakit :
                                                              i.      Yang terdekat dengan lokasi site serta jarak dan waktu tempuh ( termasuk klinik praktek dokter umum yang ada disekitar lokasi )
à Dari site ke Desa Lontar jarak ± 8 km dg waktu tempuh ± 15 menit via darat
à Dari site ke Puskesmas Lontar jarak ± 8 km dg waktu tempuh ± 15 menit via darat

                                                            ii.      Yang digunakan sebagai Rujukan Utama bagi perusaan  ( tidak diluar Kalimantan Selatan ) serta jarak dan waktu tempuh
à Dari site ke RSU. Kotabaru jarak ± 120 km dg waktu tempuh ± 3,5 jam via darat
à Dari site ke RS. Suaka Insan, RS. Sari Mulia, RS. Bedah Siaga, RS. Islam, jarak   ±  500 km dg waktu tempuh ± 10 jam via darat

                                                          iii.      Yang sudah digunakan, baik yang berada di Kalimantan, Indonesia maupun luar negeri ( yang sudah melakukan kerjasama dengan Perusahaan )
à Yang sudah di gunakan/kerjasama saat ini adalah : RSUD. Kotabaru, RS. Suaka Insan Banjarmasin, RS. Sari Mulia Banjarmasin, RS. Bedah Siaga Banjarmasin, RS. Islam Banjarmasin.
à Untuk Kerjasama di luar negeri belum ada

                                                           iv.      Apakah sudah ditentukan system rujukan terencana
·         Misal, untuk semua kasus Jantung dirujuk ke Rumah Sakit tertentu atau dengan Dokter tertentu
à Ya, Misalnya kasus jantung kami akan rujuk ke Dokter Spesialis Jantung, namun mengenai RS yang di tuju tergantung kesediaan kamar/kelas dan Fasilitas RS tersebut.

·         Misal, untuk semua kasus Penyakit dalam dirujuk ke Rumah Sakit tertentu atau dengan Dokter tertentu
à Ya, Misalnya kasus penyakit dalam kami akan rujuk ke Dokter Spesialis penyakit dalam, namun mengenai RS yang di tuju tergantung kesediaan kamar/kelas

                                                             v.      Apakah memiliki data mengenai fasilitas utama sebagai bahan pertimbangan rujukan
·         Misal , bila pasien membutuhkan CT Scan akan di rujuk ke Rumah Sakit A, dll
à Ya

b.      Data procedure dan alur / flow chart
                                                              i.      System rawat jalan & rawat inap di lokasi site ( sekitar lokasi site )
·         Apakah memakai system cashless atau reimburse à Khusus untuk karyawan Gratis, namun untuk tanggungan karyawan bayar cash di clinic site
·         Alur untuk melakukan hal tersebut à pasien datang dg membawa surat pengantar dari Superior, Paramedic menerima pasien, Paramedic meneruskan ke Dokter site, Dokter site periksa, Paramedic mengambil obat di lemari obat kemudian di serahkan ke Dokter dan selanjutnya Dokter site menyerahkan ke pasien, pasien kembali bekerja ( Rawat jalan )

Jika dalam pemeriksaan Dokter site ada indikasi untuk rawat inap, maka Paramedic akan menyiapkan segala sesuatunya untuk keperluan rawat inap,  ( rawat inap )

                                                            ii.      System rawat jalan & rawat inap di luar lokasi site untuk karyawan dan keluarga karyawan
·         Apakah memakai system cashless atau reimburse à Pasien langsung datang ke Dokter setempat dan bayar cash ( rawat jalan ), begitu juga dg rawat inap pasien bayar cash dan segala biaya yang timbul, Perusahaan akan me Reimburse sebesar 90%
·         Alur untuk melakukan hal tersebut à Pasien/keluarga karyawan menyampaikan ke Dokter site/Paramedic dan kami menyarankan untuk segera berobat ke RS terdekat.

                                                          iii.      System rujukan ke Spesialis dari site
·         Apakah memakai system cashless atau reimburse à jika rawat jalan saja maka karyawan bayar cash
·         Alur untuk melakukan hal tersebut, misal : apakah harus ada surat rujukan dari Dokter umum atau Dokter perusahaan ? à  Ya, Dokter Perusahaan akan membuat surat rujukan ke Dokter spesilis sesuai dg kasusnya.

                                                           iv.      System rujukan yang bersifat emergency ( Medical Evakuasi )
·         Untuk karyawan dari site à Karyawan dg segera di rujuk ke RS. Terdekat baik via darat maupun via Flight 
·         Untuk karyawan yang sedang tidak berada dilokasi site à Dokter/Paramedic menghubungi karyawan yang bersangkutan untuk secepatnya mendatangi RS terdekat, baik yang sudah bekerjasama dg IBT maupun tidak,
·         Untuk keluarga karyawan à Perlakuannya sama dg karyawan
                                                             v.      System monitoring kasus/ pasien baik karyawan atau keluarga karyawan à Dokter/Paramedic setiap hari memantau kondisi/progress karyawan tsb dimana dia di rawat inap via Telepon.
                                                           vi.      System management kasus/ pasien baik karyawan atau keluarga karyawan à Yaitu Jika karyawan / keluarganya sakit dan telah mengimpormasikan ke pihak Clinic, maka pihak Clinic IBT akan menyarankan untuk berobat, baik itu rawat jalan maupun rawat inap

c.       Layanan yang seperti apa yang dibutuhkan saat ini oleh tim medis Perusahaan  terhadap kondisi pelayanan medis dari provider
                                                              i.      Apakah system case monitoring diperlukan à Ya
                                                            ii.      Apakah system case management diperlukan à Ya
                                                          iii.      Ataukah ada hal lain yang diperlukan à Sistem Management Kesehatan Kerja

d.      Data Gap Analisa Site Klinik
                                                              i.      Apakah konsep Klinik
·         Klinik berkonsep Sentra Tanggap Darurat ( hanya untuk kasus emergency ) à Tidak
·         Klinik berkonsep Klinik Keluarga ( seperti Poliklinik 24 jam ) à Ya
                                                            ii.      Jumlah klinik di site à 1 ( satu )
                                                          iii.      Jumlah SDM yang ada serta komposisi SDM
·         Dokter  à 1 orang
·         Paramedic à 2 orang
·         Ass Apoteker ( bila ada ) à tidak ada
·         Admin ( bila ada ) à Dokter & Paramedic yang merangkap Admin
·         Laboratoirum ( bila ada ) à Mini LAB : Cholesterol, Glucosa, Asam urat, Trigeliseride

                                                           iv.      Jam buka klinik site
·         buka 24 jam ? à Tidak, tapi Paramedic/Dokter standbay di site
·         atau buka office hours à Clinic buka jam 07.00 – 17.00
·         system shift tim medis à Tidak, shift pagi saja

                                                             v.      Layanan yang sudah/ bisa diberikan di lokasi site
                             à Rawat jalan, rawat inap, Pemeriksaan Mini LAB, First Aid, Pelayanan KB, Bedah minor

                                                           vi.      Perijinan
·         Perijinan klinik sudah ada? à Ada
·         SIP Dokter dan SIP Paramedik à Ada
·         SIMO ( surat ijin menyimpan obat ) à Belum Ada, masih dalam proses
·         Pengelolaan Amdal ( bekerjasama dengan ? ) à Ada dg Puskesmas ( Incenerator )

                                                         vii.      Data alkes
·         Data alkes yang ada à Terlampir
·         Pengadaan alkes oleh HSE atau procurement à oleh Procurement
·         Apakah dilakukan kalibrasi à Tidak
                                                       viii.      Data obat yang ada
·         Data obat yang ada à Terlampir
·         Pengadaan obat apakah dari local à Ya, dari Banjarmasin
·         Obat diadakan sendiri atau system konsinyasi ? à Diadakan sendiri

                                                           ix.      Data ambulance yang ada ( ambulance emergency dan ambulance transport )
à Ambulance Emergency, Kami memiliki Mobil Ambulace 1 unit dg Fasilitas lengkap yang biasanya kami pakai dalam evakuasi ke RS.  


e.       Data Gap Analisa MCU
                                                              i.      Jumlah karyawan yang dilakukan MCU à Seluruh karyawan perush
                                                            ii.      Apakah MCU dilakukan setiap hari atau MCU dilakukan dalam bulan tertentu saja ? à Dilakukan 1 kali per Tahun di Bulan tertentu
                                                          iii.      Apakah MCU dilakukan onsite ataukah dilakukan di tempat provider berada? à Dilakukan onsite

No comments:

Post a Comment