1.
Tim Medis
a. Data
Provider / rumah sakit :
i.
Yang terdekat dengan lokasi site serta jarak dan
waktu tempuh ( termasuk klinik praktek dokter umum yang ada disekitar lokasi )
à Dari site ke Desa Lontar
jarak ± 8 km dg waktu tempuh ± 15 menit via darat
à Dari site ke Puskesmas
Lontar jarak ± 8 km dg waktu tempuh ± 15 menit via darat
ii.
Yang digunakan sebagai Rujukan Utama bagi perusaan ( tidak diluar Kalimantan Selatan ) serta jarak dan waktu tempuh
à Dari site ke RSU. Kotabaru
jarak ± 120 km dg waktu tempuh ± 3,5 jam via darat
à Dari site ke RS. Suaka Insan, RS. Sari Mulia, RS. Bedah Siaga, RS. Islam,
jarak ± 500
km dg waktu tempuh ± 10 jam via darat
iii.
Yang sudah digunakan, baik yang berada di Kalimantan, Indonesia maupun luar negeri ( yang
sudah melakukan kerjasama dengan Perusahaan )
à Yang sudah di gunakan/kerjasama
saat ini adalah : RSUD. Kotabaru, RS. Suaka Insan Banjarmasin, RS. Sari Mulia Banjarmasin, RS. Bedah Siaga Banjarmasin,
RS. Islam Banjarmasin.
à Untuk Kerjasama di luar
negeri belum ada
iv.
Apakah
sudah ditentukan system rujukan terencana
·
Misal,
untuk semua kasus Jantung dirujuk ke Rumah Sakit tertentu atau dengan Dokter
tertentu
à Ya, Misalnya kasus jantung kami akan rujuk ke Dokter Spesialis Jantung,
namun mengenai RS yang di tuju tergantung kesediaan kamar/kelas dan Fasilitas
RS tersebut.
·
Misal,
untuk semua kasus Penyakit dalam dirujuk ke Rumah Sakit tertentu atau dengan
Dokter tertentu
à Ya, Misalnya kasus penyakit dalam kami akan rujuk ke Dokter Spesialis
penyakit dalam, namun mengenai RS yang di tuju tergantung kesediaan kamar/kelas
v.
Apakah memiliki data mengenai fasilitas utama
sebagai bahan pertimbangan rujukan
·
Misal , bila pasien membutuhkan CT Scan akan di
rujuk ke Rumah Sakit A, dll
à Ya
b. Data
procedure dan alur / flow chart
i.
System
rawat jalan & rawat inap di lokasi site ( sekitar lokasi site )
·
Apakah memakai system cashless atau reimburse à Khusus untuk karyawan Gratis, namun untuk tanggungan
karyawan bayar cash di clinic site
·
Alur untuk melakukan hal tersebut à pasien datang dg membawa surat pengantar dari Superior,
Paramedic menerima pasien, Paramedic meneruskan ke Dokter site, Dokter site
periksa, Paramedic mengambil obat di lemari obat kemudian di serahkan ke Dokter
dan selanjutnya Dokter site menyerahkan ke pasien, pasien kembali bekerja (
Rawat jalan )
Jika
dalam pemeriksaan Dokter site ada indikasi untuk rawat inap, maka Paramedic
akan menyiapkan segala sesuatunya untuk keperluan rawat inap, ( rawat inap )
ii.
System rawat jalan & rawat inap di luar
lokasi site untuk karyawan dan keluarga karyawan
·
Apakah memakai system cashless atau reimburse à Pasien langsung datang ke Dokter setempat dan bayar cash (
rawat jalan ), begitu juga dg rawat inap pasien bayar cash dan segala biaya
yang timbul, Perusahaan akan me Reimburse sebesar 90%
·
Alur untuk melakukan hal tersebut à Pasien/keluarga karyawan menyampaikan ke Dokter site/Paramedic
dan kami menyarankan untuk segera berobat ke RS terdekat.
iii.
System
rujukan ke Spesialis dari site
·
Apakah memakai system cashless atau reimburse à jika rawat jalan saja maka karyawan bayar cash
·
Alur untuk melakukan hal tersebut, misal :
apakah harus ada surat
rujukan dari Dokter umum atau Dokter perusahaan ? à Ya, Dokter
Perusahaan akan membuat surat
rujukan ke Dokter spesilis sesuai dg kasusnya.
iv.
System rujukan yang bersifat emergency ( Medical
Evakuasi )
·
Untuk karyawan dari site à Karyawan dg segera di rujuk ke RS. Terdekat baik via darat
maupun via Flight
·
Untuk
karyawan yang sedang tidak berada dilokasi site à Dokter/Paramedic menghubungi
karyawan yang bersangkutan untuk secepatnya mendatangi RS terdekat, baik yang
sudah bekerjasama dg IBT maupun tidak,
·
Untuk keluarga karyawan à Perlakuannya sama dg karyawan
v.
System monitoring kasus/ pasien baik karyawan atau
keluarga karyawan à Dokter/Paramedic setiap
hari memantau kondisi/progress karyawan tsb dimana dia di rawat inap via
Telepon.
vi.
System management kasus/ pasien baik karyawan
atau keluarga karyawan à Yaitu Jika karyawan /
keluarganya sakit dan telah mengimpormasikan ke pihak Clinic, maka pihak Clinic
IBT akan menyarankan untuk berobat, baik itu rawat jalan maupun rawat inap
c. Layanan
yang seperti apa yang dibutuhkan saat ini oleh tim medis Perusahaan terhadap
kondisi pelayanan medis dari provider
i.
Apakah system case monitoring diperlukan à Ya
ii.
Apakah system case management diperlukan à Ya
iii.
Ataukah
ada hal lain yang diperlukan à Sistem Management Kesehatan Kerja
d. Data
Gap Analisa Site Klinik
i.
Apakah konsep Klinik
·
Klinik
berkonsep Sentra Tanggap Darurat ( hanya untuk kasus emergency ) à Tidak
·
Klinik
berkonsep Klinik Keluarga ( seperti Poliklinik 24 jam ) à Ya
ii.
Jumlah klinik di site à 1 ( satu )
iii.
Jumlah
SDM yang ada serta komposisi SDM
·
Dokter à 1 orang
·
Paramedic à 2 orang
·
Ass Apoteker ( bila ada ) à tidak ada
·
Admin ( bila ada ) à Dokter & Paramedic yang merangkap Admin
·
Laboratoirum ( bila ada ) à Mini LAB : Cholesterol, Glucosa, Asam urat, Trigeliseride
iv.
Jam buka klinik site
·
buka 24 jam ? à Tidak, tapi Paramedic/Dokter standbay di site
·
atau buka office hours à Clinic buka jam 07.00 – 17.00
·
system shift tim medis à Tidak, shift pagi saja
v.
Layanan yang sudah/ bisa diberikan di lokasi
site
à Rawat jalan, rawat inap, Pemeriksaan Mini LAB, First Aid,
Pelayanan KB, Bedah minor
vi.
Perijinan
·
Perijinan klinik sudah ada? à Ada
·
SIP Dokter dan SIP Paramedik à Ada
·
SIMO ( surat
ijin menyimpan obat ) à Belum Ada, masih dalam
proses
·
Pengelolaan Amdal ( bekerjasama dengan ? ) à Ada
dg Puskesmas ( Incenerator )
vii.
Data alkes
·
Data alkes yang ada à Terlampir
·
Pengadaan alkes oleh HSE atau procurement à oleh Procurement
·
Apakah dilakukan kalibrasi à Tidak
viii.
Data obat yang ada
·
Data obat yang ada à Terlampir
·
Pengadaan obat apakah dari local à Ya, dari Banjarmasin
·
Obat
diadakan sendiri atau system konsinyasi ? à Diadakan sendiri
ix.
Data ambulance yang ada ( ambulance emergency
dan ambulance transport )
à Ambulance Emergency, Kami
memiliki Mobil Ambulace 1 unit dg Fasilitas lengkap yang biasanya kami pakai
dalam evakuasi ke RS.
e. Data Gap Analisa MCU
i.
Jumlah karyawan yang dilakukan MCU à Seluruh karyawan perush
ii.
Apakah MCU dilakukan setiap hari atau MCU
dilakukan dalam bulan tertentu saja ? à Dilakukan 1 kali per Tahun di Bulan tertentu
iii.
Apakah MCU dilakukan onsite ataukah dilakukan di
tempat provider berada? à Dilakukan onsite
No comments:
Post a Comment